Wisata Waduk Sermo kini menjadi pilihan untuk merasakan istimewanya alam Yogyakarta.

Wisata Waduk Sermo kini menjadi pilihan untuk merasakan istimewanya alam Yogyakarta.

Kulon Progo kini menjadi daerah di Yogyakarta yang mulai menyita perhatian banyak wisatawan. Ada banyak objek wisata alam tidak kalah cantik dengan daerah-daerah lain yang lebih dulu populer. Seperti wisata Waduk Sermo yang keindahannya tidak kalah dengan Ranu Kumbolo di Jawa Timur.

Jika Anda sedang mengisi list perjalanan selama liburan ke Yogyakarta, Waduk Sermo Jogja bisa jadi salah satu referensi yang siap memberi pengalaman menarik, apalagi bila Anda menyukai aktivitas alam seperti camping. Banyak sekali pengunjung yang datang untuk menginap di tempat wisata ini.

Mengenal Wisata Waduk Sermo

Sudah menjadi pembicaraan umum mengenai Yogyakarta yang kaya dengan objek wisatanya. Tidak heran bila daerah yang dipimpin oleh Sultan Hamengkubuwono ini selalu ramai oleh wisatawan, baik domestik, maupun mancanegara. Waduk Sermo menjadi andalan dari Kulon Progo yang dari segi letaknya ada pada kawasan dengan Bandara Internasional YIA.

Memang kebanyakan masyarakat fokus dengan tempat wisata pantai di Jogja yang terkenal dengan pasir putihnya. Namun masih banyak tempat lain yang juga memiliki pesona tersendiri. Mulai dari pegunungan, air terjun, goa, hingga danau. Waduk Sermo Jogja misalnya, keindahan yang tersaji dari tempat ini berbeda dari yang lain dengan airnya yang jernih.

Air di danau ini berwarna kehijauan yang sekelilingnya penuh pohon-pohon tinggi, serta rumput-rumput tumbuh baik menutupi tanah sekitar. Hal ini membuat pemandangan yang tersaji di wisata Waduk Sermo begitu menakjubkan dan akan sayang bila ke Jogja tapi melewatkannya. Langit biru cerah Jogja pun menambah keindahan.

Bukan hanya pemandangannya, udara yang akan Anda rasakan juga begitu sejuk. Jadi, meski cuaca sedang panas, Anda tidak akan merasa gerah. Ini pun yang membuat suasana Waduk Sermo Yogyakarta saat pagi hari menjelang matahari terbit sangat istimewa. Kapan lagi merasakan udara sejukYogyakarta.

Sejarah Secara Singkat

Menilik singkat, sejarah Waduk Sermo merupakan bendungan yang berlokasipada Kelurahan Hargowilis, Kabupaten Kulon Progo. Waduk ini adalah sebuah proyek pembangunan dari program Integrated Irrigation Sector Project dengan biaya berdasarkan APBN dan ADB. Dalam pembangunannya, lebih berhubungan pada studi kelayakan di tahun 1980, tahun 1985, serta tahun 1991.

Kemudian pada tahun 1992 penelitian kelayakan dari segi teknis dan ekonomis pun lanjut digelar oleh ELC yang mana hasilnya membuat wisata Waduk Sermo dibangun dengan membendung Kali Ngrancah. Proses pembangunannya memakan waktu kurang lebih 2,5 tahun yang berakhir pada bulan Oktober tahun 1996.

Tepat pada 20 November 1996, Presiden Soeharto pun meresmikan spot wisata ini. Terhitung biaya pembangunan waduk ini mencapai 22 miliar rupiah. Pembangunannya pun melibatkan PEMDA Kulon Progo yang melakukan transmigrasi secara massal atau nama lainnya ‘bedol desa’.

Tujuan pembangunannya adalah untuk meningkatkan suplesi irigasi yang mana sangat berpengaruh saat musim kemarau tiba. Adanya waduk ini pun memperluas saluran irigasi, membuatnya jadi lebih efisiensi, serta meningkatkan intensitas pola tanam, sehingga membantu dalam meningkatkan produktivitas pertanian. juga pengelolaan air. Hal tersebut karena adanya pemanfaatkan oleh PDAM untuk melayani masyarakat Kulon Progo.

Ada banyak aktivitas yang menarik dan melibatkan warga sekitar beserta wisatawan yang datang ke wisata Waduk Sermo seperti camping, bersepeda, memancing, hingga off road. Di samping itu, Waduk Sermo Jogja menyimpan cerita yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Menurut cerita, bahwa danau ini memiliki nama Sermo yang merupakan nama leluhur (Mbah Sermo). Dalam cerita, makam Mbah Sermo tersimpan di tengah danau.

Harga Tiket Masuk

Anda membutuhkan tiket bilang ingin menikmati cantiknya tempat ini. Berikut harganya.

  • Tiket masuk Waduk Sermo Rp6.000/orang.
  • Tiket camping Rp15.000-Rp20.000.
  • Biaya parkir motor Rp2.000.
  • Biaya parkir mobil Rp5.000.

Jadwal dan Jam Buka Wisata Waduk Sermo

Buka setiap hari Senin sampai Minggu selama 24 jam.

Lokasi dan Rute Waduk Sermo Jogja

Alamat

Sremo Lor, Kelurahan Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju Waduk Sermo

Jarak yang harus Anda tempuh bila mulai perjalanan dari pusat Kota Jogja sekitar 45 KM dengan waktu perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Dari pusat kota, Anda bisa ambil arah menuju Jalan Wates. Ikuti saja jalan sampai menemukan patung kuda yang berada di barat dari Alun Alun, nantinya Anda akan menemukan plang petunjuk menuju Kulon Progo.

Setelah masuk ke daerah Kulon Progo, Anda bisa ambil jalan ke arah Kokap. Dari sini, petunjuk plang menuju Waduk Sermo sudah bisa Anda temukan di pinggir jalan. Anda hanya tinggal ikuti saja plangnya.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas wisata Waduk Sermo tergolong lengkap dan sangat membantu berbagai kegiatan wisatawan yang berkunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya:

  • Area parkir kendaraan.
  • Camping ground.
  • Warung makan.
  • Toilet dan kamar mandi.
  • Spot memancing.
  • Penyewaan perahu.

Kegiatan Seru dan Daya Tarik

Banyak sekali kegiatan seru yang bisa kita lakukan saat mengunjungi tempat cantik ini. Berikut rekomendasi kegiatannya.

1. Mengelilingi Waduk dengan Perahu

Menikmati pesona tempat wisata Jogja satu ini akan lebih puas bila tidak hanya dari daratan saja. Anda bisa menyewa perahu motor yang memang disediakan oleh pihak pengelola. Dengan perahu ini Anda bisa berkeliling waduk hingga ke tengah danau.

Harganya pun sangat terjangkau. Danau bersih dengan panorama Pegunungan Menoreh akan memberi pengalaman tidak akan terlupa saat berkegiatan wisata Waduk Sermo bareng orang terdekat.

2. Camping di Sekitar Danau

Ini menjadi kegiatan yang jadi favorit pengunjung saat ke Waduk Sermo Jogja . Anda bersama sahabat ataupun keluarga bisa relaksasi sambil menikmati keindahan alam semalaman. Ya, Anda yang merasa betah untuk berlama-lama bisa membangun tenda di sekitaran danau dan camping.

Anda hanya tinggal membayar biaya camping yang sangat terjangkau. Pemandangan di malam hari, hingga menjelang matahari terbit tentunya berbeda yang akan membuat Anda semakin betah. Kabut putih mengelilingi danau di saat subuh, memberi rasa sejuk dan segar.

3. Berburu Foto Wisata Waduk Sermo

Tidak sedikit pengunjung wisata Waduk Sermo datang memang ingin berburu foto yang mana di setiap sudut dan sisi waduk menciptakan suasana indah yang sayang untuk terlewat. Anda juga yang datang pertama kali ke sini, tentu wajib rasanya untuk mengabadikan momen dan berburu foto sebanyak-banyaknya.

4. Healing dan Relaksasi

Kegiatan sederhana yang bisa Anda lakukan saat mendatangi Waduk Sermo adalah duduk santai sambil menikmati pemandangannya. Anda bisa lakukan healing ataupun relaksasi dari rasa penat. Anda mungkin bisa juga sekaligus mendengarkan lagu favorit, maupun membaca buku.

Penutup

Kulon Progo menyimpan banyak sekali spot wisata menarik yang bisa Anda jadikan destinasi liburan ketika ingin menelusuri wisata alam Yogyakarta selain Bantul dan Sleman. Selain wisata Waduk Sermo yang indah, masih banyak tempat lainnya di kabupaten ini yang bisa Anda datangi seperti Air Terjun Kembang Soka dan dan Ekowisata Sungai Mudal.

 

Bagikan Artikel

Leave A Comment