Ullen Sentalu Jogja menjadi salah satu museum populer dan tidak pernah sepi pengunjung.

Ullen Sentalu Jogja menjadi salah satu museum populer dan tidak pernah sepi pengunjung.

Nama tempat wisata satu ini populer di kalangan wisatawan dari berbagai daerah, baik wisatawan dalam negeri, maupun luar negeri. Beberapa tahun terakhir, Ullen Sentalu Jogja menjadi objek wisata yang populer bagi masyarakat.

Bukan hanya karena keindahan dan keunikannya, tapi juga bagaimana pihak pengelola membangun sisi ‘istimewa’ dari Ullen Sentalu. Munculnya Musuem Ullen Sentalu Yogyakarta sebagai satu dari sekian daftar tempat syuting di film AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta) membuat museum yang juga menjadi galeri seni ini tidak pernah sepi pengunjung.

Adanya larangan untuk mengambil gambar dan video selama berada di dalam ruangan museum menjadikan Ullen Sentalu terkesan exclusive. Berlokasi di Kaliurang membuat suhu udara di kawasan ini terasa sejuk dan segar.

Mengenal Ullen Sentalu Jogja

Menjadi objek wisata populer, Ullen Sentalu merupakan sebuah tempat yang menghadirkan nilai sejarah dan seni, sehingga cocok sekali menjadi media edukasi sekaligus hiburan untuk semua usia. Anda bisa menambah pengetahuan dan perluas wawasan seputar kehidupan Tanah Jawa di Masa Lalu.

Terdapat dua jenis tur dengan durasi yang bisa Anda ikuti ketika mengunjungi tempat ini. Keduanya tidak akan sepi karena bersama seorang guide tour resmi yang nantinya menjelaskan satu-persatu ruangan, serta bagian dari museum yang dibangun pada tanah seluas 1,2 hektar.

Memasuki bagian depan museum, Anda bisa melihat adanya pilar-pilar yang bermaterial batu alam. Anda yang berpikir malas atau tidak tertarik wisata museum, mungkin bisa datang ke Ullen Sentalu. Karena suasananya sangat berbeda dengan museum lainnya. Mulai dari isi museum, hingga gaya arsitektur setiap bangunannya.

Ullen Sentalu Jogja sendiri memang berada pada pengelolaan secara swasta, bukan berada di bawah Pemerintah Daerah. Sebab pada awalnya museum ini adalah milik pribadi yang kemudian seiring waktu menjadi destinasi wisata untuk umum. Jadi, harga tiketnya memang sedikit lebih mahal bila kita bandingkan dengan harga tiket masuk museum lainnya.

Sejarah Ullen Sentalu

Ullen Sentalu Jogja merupakan salah satu museum populer yang tidak pernah sepi pengunjung.

Ullen Sentalu Jogja merupakan salah satu museum populer yang tidak pernah sepi pengunjung.

Nama Ullen Sentalu Jogja sendiri adalah singkatan dari Bahasa Jawa yang berupa ‘Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku’ dengan arti dan makna yaitu nyalanya lampu blencong, jenis lampu yang kerap ada untuk pertunjukkan wayang kulit merupakan petunjuk bagi manusia untuk melangkah, serta meniti kehidupan.

Bisa kita simpulkan dari namanya, museum dan galeri seni Ullen Senta Jogja menjadi tempat yang seolah bisa menyala seperti lampu sebagai petunjuk manusia dalam menjalani kehidupan. Isi dari museum ini sebagian besar mengisahkan tentang masa Kerajaan Mataram yang dulu terpecah.

Diketahui Kerajaan Mataram terpecah jadi 4 bagian Keraton yang berlokasi di Yogyakarta dan Solo. Terdiri dari Kesultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, Kadipaten Pakualaman, dan Kasultanan Praja Mangkunegaran. Saat Anda memasuki setiap bangunan dan ruangan museum, Anda pun bisa mendapatkan berbagai macam lukisan dan foto di zaman tersebut.

Setiap lukisan, foto, maupun benda-benda bersejarah seperti gamelan dan arca Buddha menggambarkan peristiwa dan kegiatan ketika masa itu yang tentu di masa kini sebagian besar tidak mudah lagi untuk kita jumpai. Museum Ullen Sentalu Jogja pertama dibangun oleh Keluarga Haryono, sebuah keluarga pembatik asal Yogyakarta.

Mereka merupakan keluarga keturunan bangsawan yang memang gemar mengoleksi berbagai peninggalan warisan dari budaya Jawa, serta cinta dengan sejarah Indonesia. Seiring berjalannya waktu, ketika Museum Ullen Sentalu Yogyakarta telah buka untuk umum dan mulai dikenal masyarakat luas, sebagian isinya adalah hasil hibah dari Yayasan Ulating Blencong dan diberikan langsung dari para sepuh keluarga Kerajaan Mataram.

Museum ini memiliki banyak ruang dan bangunan yang di antaranya berupa Ruang Seni Tari dan Gamelan, Ruan Kampung Kambang, Ruang Guwa Sela Giri, Koridor Retja Landa, Ruang Budaya, dan lain-lain. Anda tidak akan kesulitan dalam mendapat informasi mengenai setiap barang di ruangan-ruangan itu karena akan selalu ada tour guide yang menemani.

Harga Tiket Masuk Ullen Sentalu

Tur Adiluhung Mataram Rp50.000/orang.

Tur Vorstenlanden Rp100.000/orang.

Tiket hanya bisa dibeli melalui website resmi Ullen Sentalu.

Jam Buka Ullen Sentalu

Jadwal Ullen Sentalu Jogja yang berlokasi di Yogyakarta.

Setiap Senin: Tutup

Hari Selasa sampai Jumat buka dari 08.00 s.d 16.00.

Hari Sabtu dan Minggu buka dari 08.30 s.d 17.00.

Lokasi dan Rute ke Ullen Sentalu

Alamat Ullen Sentalu Jogja

Jalan Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta – 55582

Rute menuju Ullen Sentalu

Dari pusat Kota Jogja, perjalanan menuju Ullen Sentalu Yogyakarta akan memakan waktu sekitar 30-40 menit dengan jarak tempuh sekitar 18 KM. Arahkan kendaraan menuju Jalan Kaliurang (Jakal), lalu belok kanan sesampainya di pertigaan Pulowatu. Berikutnya, belok kiri saat masuk pertigaan Pasar Pakem, ikuti saja jalan utama. Anda akan menemukan plang petunjuk untuk ke Ullen Sentalu.

Fasilitas yang Tersedia di Ullen Sentalu

Berbagai fasilitas tersedia dalam Ullen Sentalu Jogja juga sudah lengkap, termasuk tempat makan untuk Anda yang ingin beristirahat sejenak. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Area parkir kendaraan.
  • Toilet.
  • Guide atau pemandu.
  • Spot-spot menarik untuk ditelusuri.
  • Spot foto berizin.
  • Restoran.
  • Toko souvenir.

Kegiatan Menarik di Museum Ullen Sentalu

Apa saja kegiatan seru dan menarik yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Ullen Sentalu? Berikut rekomendasinya.

Mengikuti Tur dan Mendengar Cerita dari Guide

Kegiatan utama yang tentu tidak akan bisa Anda lewatkan adalah berkeliling museum bersama seorang tour guide. Guide tersebut akan menjelaskan satu-persatu setiap bagian Ullen Sentalu Yogyakarta  dengan narasi yang tentunya sangat enak untuk didengar, serta dengan cerita yang juga tidak kalah seru.

Menikmati Suasana dan Gaya Arsitekturnya

Dari mulai desain bangunan dan ruangan, indoor, maupun outdoor dari Museum Ullen Sentalu ini sangatlah cantik. Anda bisa merasakan bagaimana pemilik sangat mencintai alam dan membawanya untuk dekat dengan kita. Udara sejuk Kawasan Kaliurang semakin membuat pikiran jadi rileks.

Mampir ke Beukenhof Restaurant

Ada sebuah restoran yang letaknya tepat di dalam area Museum Ullen Sentalu Jogja dan bisa dimasuki oleh siapa saja, sekalipun Anda bukan bertujuan masuk museum (masuk melalui pintu khusus). Di restoran ini Anda bisa menemukan menu-menu istimewa, termasuk racikan minuman awet mudah yang menurut kisahnya, jadi minuman favorit wanita kerajaan.

Berfoto di Spot Terbuka

Walau tidak boleh sembarangan mengambil gambar dan merekam video ketika masuk ke bangunan Museum Ullen Sentalu tapi tetap ada area yang memperbolehkan para pengunjung bebas berfoto. Jadi, Anda tetap bisa mengabadikan momen di spot-spot andalannya. Setiap pengunjung baru boleh berfoto di area outdoornya yang sangat indah dan khas.

Penutup

Mampir mengunjungi Ullen Sentalu Jogja ketika liburan akan melengkapi perjalanan Anda. Apalagi, bila Anda memang sedang mengeksplor beraneka ragam sisi dari Yogyakarta yang terkenal masih terus melestarikan adat, budaya, dan tradisi. Di sekitaran Kaliurang, Anda bisa juga mampir ke tempat wisata terdekat seperti Kopi Klotok dan Ledok Sambi.

 

Bagikan Artikel

Leave A Comment