Pecel Pasar Beringharjo, Wisata Kuliner Legendaris Jogja

pecel-pasar-beringharjo

Siapa yang tidak kenal dengan makanan paling merakyat yang satu ini, apalagi kalau bukan pecel. Di Jogja ada penjaja pecel yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan maupun warga lokal yaitu pecel Pasar Beringharjo

Kira-kira apa yang membuat beda pecel di Pasar Beringharjo dibanding pecel lainnya? 

Keistimewaan Pecel Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo sudah sejak lama menjadi destinasi wisata di kota Yogyakarta. Umumnya para wisatawan berburu batik di pasar ini. Namun, tidak hanya batik yang banyak dijual pedagang di Pasar Beringharjo tapi juga berbagai kuliner khas Jogja juga hadir disini. Salah satunya yaitu panganan pecel atau nasi pecel. 

Di Pasar Beringharjo ada banyak penjual yang menjajakan pecel. Tapi ada satu yang sudah terkenal sejak dulu yakni pecel Pasar Beringharjo atau yang lebih dikenal sebagai Pecel Senggol

  • Asal Nama Pecel Senggol

Sesuai namanya, jika kamu menyantap pecel disini, bisa dipastikan kamu akan sering kesenggol oleh pengunjung pasar yang lalu lalang. Belum lagi, kamu harus berdesakan dengan pembeli lain yang harus antri demi menikmati kelezatan seporsi Pecel Senggol Beringharjo

Makan di tempat, kamu hanya akan disediakan kursi plastik tanpa sandaran dan tidak akan ada meja disini serta hanya beratap tenda seadanya. Tak disangka bahwa hal-hal tersebut yang membuat Pecel Senggol jadi istimewa. 

Kapan lagi bisa merasakan makan hidangan ternikmat di tempat yang bisa dikatakan jauh dari nyaman?

Banyaknya pembeli yang mengantri di Pecel Senggol membuktikan bahwa rasa memang tidak bisa bohong. Walaupun berdesak-desakan pelanggan merasa tidak rugi karena terbayang kelezatan pecel yang siap disantap. 

  • Seporsi Pecel Senggol

Seporsi pecel senggol pasar Beringharjo memiliki isian yang umum ada pada hidangan pecel yaitu kacang panjang, toge, kol, bayam, serta bunga turi yang terlebih dahulu sudah dimatangkan. Penambahan bunga turi mungkin menjadi sayuran yang tidak umum ada pada hidangan pecel. 

Kembang turi putih ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti mengobati rabun senja, mempercepat proses penyembuhan luka, dan lain-lain. Jenis sayuran lain yang juga bisa digunakan sebagai campuran pecel yaitu kenikir, daun singkong, kecipir, dan daun pepaya.

Pecel senggol dihidangkan di atas piring rotan yang dialasi daun pisang yang biasa disebut pincuk. Campuran berbagai nasi atau lontong dan sayuran tadi kemudian diguyur dengan bumbu kacang atau sambal kacang. 

Di suapan pertama pecel senggol kamu akan merasakan sensasi manis, gurih, dan sedikit pedas menyerang lidah. Rasa bumbu kacang yang khas dari pecel senggol menjadi salah satu alasan kenapa pelanggan tidak ingin berpindah ke penjaja pecel lainnya.

Pecel senggol Jogja juga dapat dinikmati dengan menambahkan beberapa lauk. Seperti tempe bacem, tahu bacem, bihun goreng, sate usus, sate telur puyuh, ayam, dan aneka gorengan yaitu lumpia, dan lain-lain. Untuk minumannya, tersedia es dawet dan juga es kelapa muda.

Lokasi

Pecel senggol berlokasi di Pasar Beringharjo yang beralamat di Jalan Pabringan No. 84 Gondomanan, Yogyakarta. Posisi warung tenda pecel senggol ini pas berada di depan pintu masuk dari Pasar Beringharjo. 

Jadi setibanya kamu di Pasar Beringharjo dan melihat ada pemandangan kerumunan orang yang sedang mengantri dan sedang makan, bisa dipastikan itu pecel senggol. 

Posisi warung tenda yang strategis membuat pecel senggol semakin laku. Tidak hanya pelancong atau wisatawan yang mampir disini tapi juga pelanggan setia yakni warga lokal Jogja turut mampir juga.

Jam Buka

Pecel Senggol biasanya dinikmati di pagi hari sebagai menu sarapan. Jadi, pecel senggol ini buka mulai jam 8 pagi hingga dagangan habis terjual. Jika kamu tidak ingin kehabisan, datanglah sebelum pecel senggol ini buka.

Harga Per Porsi Pecel Senggol

Seporsi pecel senggol dibanderol mulai dari harga Rp.8.000 tanpa tambahan lauk apapun. Untuk harga gorengan mulai dari Rp.2.000 saja dan lauk seperti udang ataupun  ayam bekisar mulai dari harga Rp.10.000. 

Apa Kata Pelanggan?

Beberapa pelanggan yang pernah mampir dan makan di pecel senggol mengatakan bahwa rasa pecel senggol sangat enak dan nikmat. Banyaknya lauk pendamping pecel senggol yang disediakan membuat pelanggan bebas memilih lauk yang disukai. 

Terkait harga, ada yang mengatakan termasuk murah namun ada juga yang bilang cukup mahal. Penilaian berbeda dari pelanggan wajar terjadi karena mungkin ada beberapa di antara pelanggan yang menemukan harga seporsi pecel lebih murah dibanding harga pecel senggol.

Banyak juga pelanggan yang sempat mampir makan disini mengungkapkan ketidaknyamanan saat menyantap hidangan pecel. Mereka juga mengeluhkan keberadaan pengamen yang cukup mengganggu kenyamanan. Hal ini menjadi wajar karena pecel senggol berlokasi di pasar dengan area terbuka jadinya bakalan tidak senyaman saat anda makan di dalam ruangan.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan Setelah Sarapan Pecel Senggol

Jika kamu adalah traveller atau wisatawan yang berasal dari tempat yang jauh, sangat disayangkan jika harus langsung pulang ke penginapan sehabis makan pecel senggol. Mumpung kamu berada di Pasar Beringharjo tidak ada salahnya untuk menjajal dan mengeksplor pasar yang menjadi ikon kota Jogja ini.

  • Berburu Batik

Tujuan utama para wisatawan saat berkunjung ke Pasar Beringharjo tidak lain hanya untuk mencari batik. Mulai dari batik yang masih berupa lembaran kain hingga yang sudah jadi pakaian semuanya ada di pasar ini. Jenis bahan batik yang dijual juga lengkap yakni yang berbahan katun hingga sutra juga ada disini. 

Mengenai harga, beberapa pengunjung mengatakan bahwa harga kain batik disini murah-murah tergantung dari jenis dan kualitas bahannya. 

  • Pusat Penjualan Barang Antik

Pasar Beringharjo juga menjadi pusat penjualan barang-barang antik. Jadi bagi kamu penggemar dan suka mengoleksi benda-benda vintage, disini surganya. Benda dari tahun 60-an seperti mesin tik tua, Televisi jadul, sepeda ontel tua, lentera tua semuanya ada disini.  

Terdapat pula barang-barang bekas impor yang masih layak pakai yang dibanderol dengan harga murah hingga mahal. Jadi, pintar-pintarlah dalam menawar hingga menemukan harga yang pas buat kantong kamu. 

  • Icip-icip Jajanan Khas Jogja

Puas berbelanja dan pengen ngemil sesuatu, kamu bisa mencicipi beberapa jajanan khas Jogja yang dijajakan di Pasar Beringharjo. 

Panganan manis seperti jenang bisa kamu coba, ada 4 jenis jenang yang dijual disini yaitu jenang mutiara, jenang biji salak, jenang wajik, dan jenang sumsum. Jika ditambah santan, panganan ini akan semakin nikmat, lho!

Mau yang seger-seger? Ada es dawet Mbah Hari yang terkenal yang dijajakan di pasar ini. Es dawet merupakan campuran antara cendol, potongan nangka, cincau hijau, yang disiram dengan air gula merah dan santan. Dijamin rasa hausmu langsung lenyap seketika.

Menikmati sepiring pecel Pasar Beringharjo menjadi destinasi wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Pecel senggol dengan rasa yang manis, gurih, dan pedas mampu memanjakan lidah siapapun yang mencicipinya. Pecel senggol, enak di mulut, enak pula di kantong.

Related Posts

Leave a comment

Call WA Now