VW Omah Cantrik

Omah Cantrik Jogja yang kini menjadi tempat wisata populer bersama dengan wahana VW.

Populernya Jogja sebagai daerah yang memiliki banyak sekali spot wisata unik dan menarik membuatnya tidak pernah sepi oleh pengunjung. Tempat Omah Cantrik Jogja jadi salah satu tempat baru yang kini banyak dibicarakan. Keberadaannya pun tidak begitu jauh dan masih mudah untuk dijangkau. Banyak yang menyebutnya sebagai wisata VW Jogja karena fasilitas dan wahananya.

Ada banyak kegiatan dan aktivitas seru yang bisa dilakukan saat mengunjungi Omah Cantrik Kulon Progo bersama keluarga. Konsepnya yang mengutamakan wisata alam jadi daya tarik khusus bagi pecinta wisata alam. Selain itu tempat ini juga lengkap bersama toko souvenir dan restoran yang tentu membuatnya terasa lengkap.

Mengenal Omah Cantrik Jogja

Omah Cantrik adalah sebuah tempat makan yang masuk dalam keluarga Raminten Group. Sama seperti tempat makan lainnya dari keluarga ini, Omah Cantrik menerapkan konsep unik, membuat warga Jogja dan wisatawan yang sedang berlibur di daerah ini ingin mampir datang.

Lokasinya di sekitar Nanggulan, Kulon Progo, memang sedikit jauh dari pusat Kota Jogja. Tetapi tenang saja, untuk mendatanginya Anda bisa menggunakan alat transportasi umum, mobil dan motor pribadi, maupun mengikuti paket wisata yang ada dan hadir oleh penyedia layanan jasa pariwisata.

Satu wahana yang paling terkenal dari tempat ini adalah fun trip menggunakan VW. Anda akan memutari kawasan sekitar Omah Cantrik Kulon Progo dengan menaiki mobil klasik ini. Bila Anda merindukan pemandangan suasana dewa seperti hijaunya hamparan sawah, kegiatan ini sangat cocok untuk dicoba.

Belum lagi VW yang meriah berwarna-warni, pasti akan membuat para wisatawan semangat berfoto. Harga wahana satu ini pun tergolong terjangkau karena termasuk harga paketan, tiket bukan untuk setiap peserta. Puas berkeliling, Anda bisa mengisi perut dengan menu-menu lezat khas Raminten.

Sejarah Omah Cantrik

Omah Cantrik Jogja yang kini menjadi tempat wisata populer bersama dengan wahana VW.

Omah Cantrik Jogja yang kini menjadi tempat wisata populer bersama dengan wahana VW.

Pemilik dari Omah Cantrik Jogja yaitu Andre Windarto menjelaskan tentang bagaimana dia memiliki niat untuk membuat tempat kelahirannya, Kulon Progo bisa lebih berkembang . Begitu juga dari sisi ekonomi. Dia pun mengubah dan membuat kebun miliknya menjadi sebuah restoran dengan konsep unik yang kemudian menamakannya Omah Cantrik.

Dari segi keberadaan, tempat tersebut memang tidak berada di pinggir jalan, harus masuk ke area desa lebih dalam lagi. Namun, tenang saja, Andre telah menyiapkan semuanya. Begitupun dengan adanya lokasi tempat ini ke dalam Google Map yang membuatnya mudah untuk Anda temukan.

Omah Cantrik baru resmi terbuka untuk umum di awal masa pandemi covide-19. Hal ini menjadikan Omah Cantrik Kulon Progo sempat tutup di awal perjalannya. Para warga sekitar memberi banyak dukungan, begitu juga waktu yang terus berjalan, membuat Omah Cantrik mampu buka kembali. Tepat saat pandemi mulai mereda, tempat ini pun resmi buka kembali.

Wisatawan luar memang belum banyak tahu tentang tempat wisata Jogja satu ini. Perjalanan Anda akan terasa lebih seru bila mengandalkan paket wisata dari tempat penyedia layanan terpercaya.

Tiket Masuk Omah Cantrik

  • Harga tiket masuk gratis (tidak ada biaya).
  • Harga menu makanan dan minuman mulai dari Rp6.000.
  • Harga tiket naik VW mulai dari Rp300.000.

Jam Buka Omah Cantrik

Buka setiap hari Senin sampai Minggu (setiap hari) dari jam 08.00 – 19.00. 

Lokasi dan Rute Menuju Omah Cantrik

Dari segi lokasi, Omah Cantrik cukup jauh dari pusat kota, tapi masih mudah untuk dijangkau.

Alamat Omah Cantrik Jogja

 Jalan Turus RT. 13 RW 05, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju Omah Cantrik:

Jarak tempuh yang harus Anda lalui sekitar 25 kilometer dari pusat kota. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa taksi online dengan perjalanan dari arah Alun Alun Kidul Jogja ke arah Pulo Cemeti. Nantinya pilih alur kiri, lalu sebelum Jalan Kadipaten Kidul, belok ke kiri di belokan ketiga.

Selanjutnya, terus jalan lurus sampai bertemu dengan perempatan besar. Kemudian belok ke arah kanan untuk menuju Jalan Kapten Pierre Tendean. Nantinya Anda hanya tinggal lurus melewati SMA Muhammadiyah 7 sampai tiba di perempatan, belok kiri.

Berikutnya ambil jalan ke arah Museum Bahari dan jalan besar untuk lanjut melewati Jembatan Gamping. Dari sini Anda hanya tinggal ikuti jalan ke arah Kulon Progo. Nantinya plang arah menuju Omah Cantrik Jogja bisa Anda temui di pinggir jalan.

Fasilitas Omah Cantrik

Fasilitas yang tersedia di objek wisata Jogja satu ini juga sudah sangat lengkap. Berikut beberapa di antaranya.

  • Area Parkir Kendaraan
  • Free WiFi
  • Toilet dan Mushola
  • Spot untuk Foto
  • Tempat Duduk dengan Konsep Indoor dan Outdoor
  • Restoran
  • Fun Trip VW Safari
  • Hiburan dan Live Music

Kegiatan Seru dan Daya Tarik Omah Cantrik Jogja

Banyak sekali kegiatan dan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Omah Cantrik, sekaligus hal tersebut  menjadi daya tarik dari tempat ini.

1. Memutari Desa dengan VW Tour

Konsep utama dari tempat ini sebenarnya adalah makan di kampung yang mana membuat pengunjung dapat merasakan ‘pulang kampung’ secara singkat. Hanya saja lengkap dengan fasilitas lebih seru dan tidak mudah ditemukan di tempat-tempat lainnya yaitu naik mobil klasik VW.

Jadi, bila Anda mengunjungi Omah Cantrik Jogja bisa coba ikut VW tour untuk lebih menikmati suasana menarik dan keunikan dari tempat ini. Pada mobilnya sendiri untuk saat ini tersedia delapan unit, sehingga Anda bisa mengajak keluarga atau rombongan. Harga paketnya pun sudah termasuk makan. Terhitung sangat terjangkau, bukan?

2. Coba Membuat Batik

Kalau Anda tergolong yang senang dan menyukai kerajinan tangan, membatik bisa coba saat datang ke Omah Cantrik. Anda akan diajari bagaimana cara membatik secara sederhana dengan peralatan dan bahan yang sudah tersedia. Harga tiketnya pun sangat terjangkau.

Di spot kerajinan tangan ini Anda bisa juga berbelanja souvenir unik sebagai oleh-oleh ataupun benda kenangan. Bukan hanya souvenir, tapi juga berbagai camilan dan makanan kemasan yang mudah untuk dibawa pulang. Liburan menjadi lengkap dengan membawa oleh-oleh khas Jogja, khususnya khas Kulon Progo.

3. Ikut Membangun Desa

Karena sejak awal pemilik Omah Cantrik Yogyakarta memiliki tujuan utama untuk mengembangkan usahanya demi mensejahterakan warga sekitar, semakin besar antusias dan jumlah pengunjung yang datang berarti ikut membangun desa. Keberadaan Omah Cantrik pun menjadi satu cara dalam meningkatkan potensi yang ada pada desa tersebut.

Tentunya bukan hanya mengenai tempat dan konsepnya saja, pemilik pun memastikan bahan-bahan yang ia gunakan untuk menyajikan makanan memiliki kualitas yang baik. Setiap harinya menu tersaji untuk 150 sampai 500 pengunjung. Bahkan, saat musim liburan bisa melebihi jumlah yang biasanya.

Penutup

Pilihlah waktu yang tepat atau melakukan reservasi lebih dulu bila ingin mengunjungi Omah Cantrik Jogja dan bisa mendapatkan kesempatan menikmati VW tour lebih nyaman. Anda juga bisa menggunakan paket wisata, serta layanan terbaik dari Sabila Holiday untuk merasakan liburan seru.

Bagikan Artikel

Leave A Comment