Menu dasar Gudeg Yu Djum dari Jogja yang melegenda.

Menu dasar Gudeg Yu Djum dari Jogja yang melegenda.

Satu kuliner yang tidak lepas dari identitas Yogyakarta adalah gudeg. Ini yang membuat keberadaan menu gudeg bermunculan dengan berbagai nama, brand, dan racikan. Gudeg Yu Djum Jogja merupakan salah satu nama brand populer, baik bagi warga Jogja, atau juga bagi para wisatawan.

Setiap brand memiliki racikan yang menghasilkan cita rasa berbeda. Sama seperti Gudeg Yu Djum Wijilan yang cenderung sedikit lebih manis dengan tekstur cukup kering, lengkap dengan sambal kreceknya yang cukup pedas. Memang semua kembali pada selera lidah masing-masing sebagai penikmat kuliner.

Bahkan, seiring berjalannya waktu, produk gudeg bermunculan dengan variasi baru. Meski mengurangi rasa asli, variasi-variasi tersebut menyesuaikan selera masyarakat terhadap cita rasa kuliner Jogja khususnya mereka yang tidak begitu suka dengan hidangan yang manis, atau juga lebih suka dengan hidangan yang sangat pedas.

Mengenal Gudeg Yu Djum Jogja

Menjadi kuliner khas, Jogja pun sering disebut sebagai Kota Gudeg. Sebutan ini bukan sekadar sebutan saja lho, karena Anda akan langsung paham mengapa saat berkeliling setiap sudut Jogja. Sebab, Anda bisa berjumpa dengan penjual gudeg di setiap sudutnya. Tentu dengan harga yang sangat terjangkau.

Olahan yang terbuat dari bahan dasar nangka muda atau Gori (dalam bahasa Jawa) umumnya dipadukan dengan sambal krecek, bumbu areh, telur pindang, ayam gurih, juga tahu tempe dengan bumbu bacem. Nah, Gudeg Yu Djum Jogja sendiri merupakan brand sekaligus sentra gudeg legendaris yang warung makannya sudah tersebar di Jogja.

Sebagian besar gudeg legendaris yang terkenal masih mempertahankan metode memasak tradisional agar tidak mengubah cita rasa khasnya. Contohnya dalam penggunaan kayu bakar di dalam dapur tradisional untuk mempertahankan tingkat panas dalam proses memasak yang mana memengaruhi aroma, tekstur, dan cita rasa.

Seporsi Gudeg Yu Djum dibandrol dengan harga mulai dari Rp15.000 saja. Warung makannya sendiri masih menggunakan dekorasi sederhana yang pasti akan mengingatkan Anda dengan suasana hangat di ruang makan bersama keluarga. Menu-menu yang bisa dipilih di antaranya gudeg, sambal krecek, ayam, tahu tempe, ati ampela, dan telur.

Bila ingin membawa gudeg ini sebagai buah tangan, Anda bisa membeli paket yang dikemas kemasan vakum dan kaleng. Menu-menu dalam kemasan ini kuat hingga 24 jam di suhu ruangan dan 2 hari di kulkas.

Sejarah Gudeg Yu Djum

Mengintip sejarahnya, nama Gudeg Yu Djum Jogja tidak lepas dari sang pemilik dan penjual yang kini telah berlanjut usia. Ibu Yu Djum sendiri memiliki 4 orang anak, 12 cucu, serta 12 cicit. Keluarganya tersebut masih memegang dan meneruskan bisnis gudeg sampai sekarang. Pertama kali Gudeg Yu Djum Jogja dikenalkan pada masyarakat adalah pada tahun 1950.

Menggunakan bahan bermutu dan tidak melewatkan kualitas, mereka terus mempertahankan brand dan produk yang kini masuk dalam jajaran ikon kuliner khas Jogja. Menu-menu yang dijual masih dibuat dengan resep asli tanpa dikurang atau diubah. Seperti penggunaan telur bebek asli. Harga jualnya pun tergolong masih sangat terjangkau.

Meski menjadi menu tradisional rumahan, Gudeg Yu Djum telah mendapat izin edar resmi dari pemerintah, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan racikan, kualitas bahan, hingga kebersihannya. Semua telah memenuhi standar dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Lokasi pertama warung makan Gudeg Yu Djum Wijilan terletak di Jalan Wijilan No. 167, Yogyakarta. Anda tidak perlu khawatir sulit menemukan tempat ini karena ada di pusat kota, berada di kawasan Keraton Yogyakarta. Bangunan warung makannya pun sangat nyaman sebagai tempat makan untuk keluarga.

Menu gudeg bukan satu-satunya menu tradisional khas Yogyakarta yang sudah terkenal sampai ke luar negeri. Sambal krecek dengan cita rasa gurih dan pedas, juga tekstur kenyal memberi pengalaman kuliner lebih istimewa. Apalagi bila memang untuk pertama kali mencicipi menu dengan bahan dasar kulit sapi ini.

Harga Menu Gudeg Yu Djum

Harga dari setiap porsi dan kemasan berbeda-beda.

  • Satu porsinya mulai dari Rp18.000.
  • Kemasan besek mulai dari Rp72.000.
  • Paket kendil mulai dari Rp171.000.
  • Kemasan kaleng dan vakum Rp50.000.

Jam Buka Gudeg Yu Djum

Buka setiap hari dengan jam yang berbeda-beda di setiap cabangnya. Anda bisa menemukan produk Gudeg Yu Djum kemasan kaleng di toko oleh-oleh yang tersebar di Yogyakarta.

Lokasi dan Rute Menuju Gudeg Yu Djum

Berikut cabang utama Gudeg Yu Djum.

Alamat Gudeg Yu Djum Jogja

Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta – 55131.

Gudeg Yu Djum Stasiun Tugu Yogyakarta

Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta – Area Parkir Selatan.

Gudeg Yu Djum Bandara YIA, COFFEE & RESTO

Jl. Wates – Purworejo KM 12, Mlangsen, Palihan, Taman, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasilitas Gudeg Yu Djum

Pada bagian fasilitas, semua warung makan dan restoran Gudeg Yu Djum sudah memenuhi kebutuhan para pengunjung. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

  • Area parkir kendaraan.
  • Toilet dan mushola.
  • Takeaway (dibawa pulang).
  • Kemasan spesial (untuk oleh-oleh).

Kegiatan Seru dan Daya Tarik Gudeg Yu Djum Jogja

Tentu sebagai kuliner populer, kegiatan utama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati berbagai menu andalan.

1. Merasakan Cita Rasa Khas yang Melegenda

Setiap menu gudeg yang dijual oleh warung makan, restoran, maupun penjual kecil yang menjual memiliki racikan dengan cita rasa berbeda. Begitu juga Gudeg Yu Djum Wijilan sebagai salah satu brand yang sudah melegenda.

2. Mencicipi Menu Pelengkap

Gudeg bukan hanya lauk dalam sebuah porsi gudeg. Karena secara umum disajikan bersamaan sambal krecek, suwiran ayam, hingga telur, Anda bisa mencicipi setiap menu pelengkapnya tersebut yang mana memberi cita rasa unik. Menggambarkan bagaimana Indonesia kaya akan kulinernya.

3. Membeli Kemasan Spesial untuk Oleh-Oleh

Jika Anda datang dari luar kota dan ingin keluarga di rumah atau rekan terdekat mencicipi kelezatan Gudeg Yu Djum Jogja maupun ingin bisa tetap mengonsumsinya saat kembali ke daerah asal, beli saja paket gudeg kemasan spesial yang memang dijual. Tapi, jangan lupa perhitungkan ketahanan paket yang dibeli.

4. Berkeliling untuk Mencoba Gudeg Lainnya

Karena menjadi menu andalan khas yang kini bisa Anda temui di banyak sudut Jogja, keberadaan brand yang menjual menu ini pun sangat beraneka ragam. Masing-masing menyajikan menu gudeg berbeda yang di setiap menunya memiliki resep spesial untuk memenuhi tingginya minat masyarakat dalam mengonsumsi gudeg.

Penutup

Tidak hanya Gudeg Yu Djum Jogja dan brand gudeg lainnya, masih banyak menu khas dari Jogja yang bisa Anda cicipi. Mulai dari oseng mercon, ayam kremes, mie ayam Jogja, bakmi godog, dan lainnya. Sementara itu untuk menu dessert atau hidangan snacknya, ada bakpia, yangko, gethuk, wedang kemasan, serta hidangan yang kini populer sebagai oleh-oleh.

Bagikan Artikel

Leave A Comment