Ullen Sentalu: Museum Jawa yang Unik, Lengkap, dan Berbeda

musium ullen sentalu jogja
Sumber: pixabay.com

Indonesia memang memiliki banyak museum istimewa yang sudah diakui keberadaanya. Dari semua museum terbaik yang ada, Ullen Sentalu termasuk salah satu bagian yang unik dan berharga. Koleksi yang ada hingga cerita yang terpendam di dalamnya akan membuat kamu semakin terpana.

Bergaya gotik ala Eropa dipadukan dengan gaya jawa yang kental serta sentuhan tropis yang segar, membuat tampilannya berbeda. Begitu masuk, seketika kesan misterius langsung melanda. Bertanya-tanya, kira-kira ada hal menarik apa yang sebenarnya yang tersembunyi di sana?

Hal-hal Menarik yang Bisa Ditemui di Ullen Sentalu

Bangunan yang menggunakan tema gotik untuk menyimpan koleksi bersejarah memang tidak biasa. Perpaduan ini semakin menambah kesan misterius yang diberikan pada setiap sudutnya. 

Akan tetapi, selain aura misterius yang nyata, masih banyak hal menarik lain yang bisa kamu temukan di sini. 

  • Menilik Kisah Cinta Putri Sunan Pakubuwono XI

Bagi kamu para kawula muda, apa hal lain yang lebih menarik dari kisah percintaan? Pada kasus ini bukan sekedar kisah cinta biasa, melainkan kisah seorang putri raja. Jika kita bandingkan, mungkin sedikit mirip dengan awal mula Romeo dan Juliet yang tidak direstui kedua orang tua. 

Pada kasus ini, awal mula permasalahanya sama, yaitu restu dari orang tua. Putri Tineke, nama Belanda dari putri Sunan Pakubuwono XI adalah pemeran utama dari cerita ini. 

Hubunganya dengan sang kekasih yang tidak berasal dari golongan yang sama ditentang oleh orang tua. Alhasil Putri Tineke berdiam diri, satu-satunya yang menjadi penghibur hati adalah surat-surat dari teman dan kenalannya. 

Ia mendapatkan berbagai surat yang isinya untuk menghibur dan membuat perasaan sang putri lebih baik. Ada surat menggunakan bahasa Jawa, ada pula bahasa Belanda, dan bahasa Indonesia. 

Kamu, bisa melihat dan membaca sendiri surat-surat Putri Tineke tersebut yang berjumlah 29 buah. Surat yang ada tertanggal mulai dari Jun 1940 yang diberikan oleh Asrikanto, sepupu sang putri. 

  • Mencicipi Ramuan Awet Muda

Hal menarik lain yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah mencicipi minuman awet muda. Kapan lagi coba kamu akan menemukan minuman awet muda ketika mengunjungi museum?

Minuman yang diracik dari berbagai rempah-rempah tradisional ini dinamakan Wedang Ratu Mas. Konon katanya nama minuman ini diambil langsung dari gelar permaisuri Pakubuwono X, loh. 

Mitos yang berkembang, ketika kamu meminum minuman ini maka wajah akan terlihat awet muda persis seperti sang permaisuri.

  • Mengenal Sejarah Keraton Solo dan Yogyakarta  dari Peninggalan Langka

Membaca sepertinya kurang asyik, dan dalam beberapa menit saja kantuk pasti datang, setuju? Untuk itu bagi kamu yang bisa datang ke Ullen Sentalu, selamat. Ini karena pada museum kamu bisa belajar mengenai sejarang keraton Solo dan Yogyakarta dari peninggalan-peninggalan langka yang ada.

Mulai dari gamelan kuno, arca Hindu dan Budha, hingga lukisan serta arsitekturnya terpampang nyata. Tanpa perlu membaca panjang lebar, sejarah yang penting ini bisa kamu lihat sendiri bukti peninggalannya di depan mata. 

Pemilik Ullen Sentalu sendiri mendapatkan semua koleksinya dari hasil pribadi. Kemudian pihak museum mendapatkan hibah dari Yayasan Ulating Blencong, dan menjadikan museum semakin komplit. 

  • Menonton Pertunjukan Seni dan Pameran

Guna menarik pengunjung dan tetap menyebarkan berbagai pengetahuan mengenai sejarah tanah Jawa, museum mengadakan pertunjukan. Temanya tentu tidak jauh-jauh seputar adat dan kesenian khas Jawa. Terutama yang kental dengan nuansa keraton. 

Pertunjukan yang diadakan juga tidak itu-itu saja loh, jadi meskipun datang berkali-kali, kamu akan menemui hal berbeda. Begitu juga dengan pameran yang diselenggarakan secara rutin. 

Sayangnya, pameran dan pertunjukan seni ini tidak diadakan sepanjang waktu. Jadi, sangat sayang ketika acara ini diselenggarakan, dan kamu sampai melewatkannya. 

Sebagai gambaran, tahun lalu pameran yang diadakan bertajuk “Asia Meet Asia”. Ada banyak sekali seniman mancanegara yang bergabung mulai dari Belanda, Kanada, Australia, dan banyak lagi yang lainnya. 

  • Menjelajah Ruang Putri Dambaan

Tahukah kamu bahwa kecantikan putri Gray Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani di akui dunia pada masanya? 

Bahkan ia sempat masuk majalah Legendaris Life di Amerika Serikat pada 1937, luar biasa bukan?

Hampir semua tokoh-tokoh besar pada zaman itu jatuh hati pada beliau.  Akan tetapi, tidak satupun dari mereka yang berhasil mengambil hati sang putri.

Selain terkenal karena kecantikannya, sang putri juga dikenal sebagai pribadi yang tangguh dan bertalenta. Tidak heran, bahkan Martha Tilaar pun yang kita kenal sebagai ratunya kosmetik, sempat berguru pada beliau.

Penasaran bukan bagaimana kisah hidupnya? 

Semenarik apa perjalanan beliau dari seorang putri raja kemudian menjadi wanita yang tangguh dan bertalenta? 

Kamu bisa menemukan semua rahasia beliau di bagian Putri Dambaan museum. 

  • Spot Foto Eksklusif

Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih jauh mengenai museum keren satu ini, pasti banyak yang bertanya-tanya. Kok jarang orang yang berfoto di museum? 

Nah, ini karena peraturan di museum Ullen Sentalu yang memang tidak membebaskan kamu untuk berfoto. Jadi, nanti pemandu yang akan menunjukkan mana spot yang boleh untuk berfoto dan mana yang tidak. 

Akan tetapi, meskipun tidak bebas semua spot foto di sini eksklusif. Hampir tidak ada yang menyamai bagaimana bangunan dan juga desain unik museum. Penataan museum dari gabungan, koleksi, hingga pepohonan rimbun yang mengelilinya, hampir tiada duanya. 

Fasilitas

Ketika bisa menemukan berbagai hal yang unik, akan lebih lengkap lagi jika fasilitas pendukungnya lengkap, setuju?

Bagi kamu yang sudah berniat pergi ke Ullen Sentalu, fasilitas disana bisa dibilang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang bisa kamu temui di antaranya adalah :

  • Toko Batik
  • Pemandu Wisata
  • Informasi Lengkap Koleksi
  • Peta Museum 
  • Restoran
  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Tempat Parkir
  • Tempat Beristirahat

Harga Tiket dan Jam Buka

Harga tiket masuk museum bisa dikatakan sangat terjangkau jika dibandingkan tempat lain. 

Tiket Harga
Anak-anak (WNA) Rp 60.000
Anak-anak Rp 20.000
Dewasa Rp 40.000
Dewasa (WNA) Rp 100.000

 

Jam buka museum setiap harinya mulai dari pukul 09:00 – 17:00 WIB. Pada hari minggu museum tetap buka, dan hanya tutup pada hari senin saja. 

Apabila ingin berkunjung waktu yang paling tepat adalah menjelang tutup, sekitar pukul 3 sore. Pada jam ini, cuaca sudah tidak lagi terik dan pengunjung juga tidak terlalu ramai. Untuk berfoto juga cahaya masih bagus, dan malah bisa menambah estetika.

Lokasi

Cara ke Ullen Sentalu cukup mudah walaupun lokasinya jauh dari pusat kota. Alamatnya berada di Jalan Boyong Km 25, Kaliurang, Hargobinangun, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasinya berdekatan dengan The Lost World Castle dan juga Merapi Volcano Museum. Jadi, meski lumayan jauh dari pusat kota setelah mengunjungi museum, masih ada tempat wisata lain di sekitarnya yang bisa dikunjungi. 

Itu dia informasi mengenai Ullen Sentalu, sebuah museum bersejarah yang lengkap dan menarik. Bukan hanya koleksinya yang lengkap, di sini juga diadakan pertunjukan seni dan juga pameran yang mengagumkan. Sehingga, bukan hanya belajar sejarah, ada banyak pengalaman seru lain yang menantikan kamu disini. 

Leave a comment

Call WA Now