The House of Raminten, Cicipi Kuliner Unik Khas Jawa

the-house-of-raminten
Sumber: upload.wikimedia.org

Mulai dari tampilan luar, desain interior, menu makanan, hingga suasananya sangat kental dengan kultur Jawa. Itulah yang menjadi ciri dari The House of Raminten. Restoran yang mengangkat budaya Jawa klasik ini sangat populer bahkan jadi kunjungan wajib para wisatawan saat berada di Jogja. 

Restoran yang dibuka sejak 2008 ini menawarkan menu-menu makanan khas Jawa yang otentik dan juga unik. 

Penasaran apa saja keunikan dari restoran yang satu ini? Yuk, disimak.

Sekilas Tentang The House of Raminten

The House of Raminten, Jogja menjadi salah satu restoran yang menonjolkan kultur Jawa secara unik tapi tetap elegan dan berkelas. Dari luar restoran ini tampak seperti rumah-rumah warga yang kemudian disetting menjadi restoran yang nyaman. 

Nuansa Jawa sangat terasa dengan desain interior serta perabotan dari kayu yang terlihat antik. Pelayan yang menggunakan baju adat jawa serta alunan musik khas Jawa makin menambah kental nuansa Jawa yang terbangun. 

Penggunaan ornamen antik seperti sepeda dan televisi kuno serta kereta kencana menjadi spot foto keren buat kamu yang hobi selfie. Disini pengunjung bisa memilih untuk makan di meja makan atau dengan lesehan. 

Disiapkan pula meja makan sesuai jumlah orang yang akan makan di tempat. Terdapat meja makan ataupun lesehan yang muat 2 orang, 4 orang, hingga 8 orang. 

Menu The House of Raminten yang Siap Memanjakan Lidah

Restoran The House of Raminten Jogja menjadi populer dikarenakan rasa masakannya lezat dan nikmat. Ada banyak jenis menu makanan dan minuman yang siap menggoyang lidah para pengunjung yang mampir kesini. 

Selain rasa, yang unik dari menu yang ditawarkan adalah nama unik yang disematkan pada menu makanannya. Tidak percaya? 

Ini dia daftar beberapa menu andalan restoran yang juga memiliki nama menu yang unik.

  • Sego Kucing

Bagi kamu yang tidak tahu arti sego, sego itu bahasa Jawa dari nasi. Jadi kalau nama menunya sego kucing pasti artinya nasi kucing. Eits jangan salah, ini bukan nasi buat kucing, ya! Menu ini diberi nama sego kucing karena porsinya yang pas-pasan. 

Jadi bagi kamu yang biasa makan dalam porsi banyak, pesan sego kucing tidak cukup jika hanya satu saja. Sego kucing ini diberi lauk pendamping yaitu ikan kering dan juga orek tempe. Harga seporsi sego kucing dibanderol dengan harga Rp.1.000 saja. Murah banget, kan!

  • Ayam Koteka

Nama menu yang juga unik di restoran ini, ada yang namanya ayam koteka. Jangan bayangkan, koteka yang asli, ya! Jadi pada dasarnya menu ini adalah olahan daging ayam yang ditambah dengan telur. 

Selanjutnya dimasukkan kedalam bambu yang telah dibersihkan kemudian dibakar hingga matang. Ayam koteka dimakan bersama sambal dari cabe hijau yang tentunya nikmat banget.

  • Perawan Tancep

Tidak hanya menu makanan yang bernama unik, minuman juga demikian. Di daftar menu restoran ini ada minuman yang namanya perawan tancep. 

Minuman ini terbuat dari gula merah, jahe, kayu manis, dan rempah-rempah. Kalau kamu penasaran dengan rasanya, pastikan memesan minuman ini saat mampir di The House of Raminten Yogyakarta.

Selain menu makanan dan minuman yang sudah disebutkan diatas, masih ada banyak lagi menu-menu lainnya. Seperti kupat tahu, rawon, bubur ayam kelasworo, sego goreng, sego gudeg, wedang uwuh, es krim bakar, dan lain sebagainya. 

Tersedia pula snack dan camilan ringan bagi pengunjung yang ingin ngopi-ngopi santai di tempat makan ini. Dan kamu tidak perlu khawatir masalah harga, semua harga tiap menu yang ada di restoran ini dijamin tidak akan bikin kantong jebol.

Bagusnya lagi, kamu bisa menikmati hidangan dari restoran ini kapan saja karena buka selama 24 jam setiap hari.

Fasilitas

Sudah harga menu-menunya murah, fasilitas yang tersedia juga lengkap, lho!. Mulai dari fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir, bahkan juga ada WiFi gratis. 

Jadi setelah kamu kenyang menyantap makanan, kamu bisa nongkrong-nongkrong dulu sambil update status dan foto terbaru yang menandakan kamu sedang berada di restoran terkece. Mantap, kan?

Cara Pemesanan Menu di The House of Raminten

Setibanya di Restoran The House of Raminten Jogja, kamu akan dijamu oleh para pramusaji yang selanjutnya akan menemanimu masuk ke dalam. Pramusaji akan mengarahkan menuju tempat makan yang kosong yang disesuaikan dengan jumlah tamu.

Jika restoran sedang penuh dan tidak ada lagi tempat makan yang tersedia. Pramusaji akan mengantarmu ke bagian resepsionis untuk menunggu. Pramusaji akan mencarikan tempat makan yang kosong sesuai jumlah orang. Setelah ada, pramusaji akan memanggil kamu untuk diantar ke tempat yang sudah disiapkan.

Metode pembayaran di restoran ini yaitu makanan harus langsung dibayar pada saat pemesanan makanan. The House of Raminten menerima pembayaran dengan tunai, kartu kredit, atau kartu debit.

Lokasi The House of Raminten

The House of Raminten beralamat di Jl. FM. Noto. No. 7 Kotabaru, Kota Yogyakarta. Rute yang bisa kamu lalui untuk menuju ke The House of Raminten. Kamu bisa start di ujung jl. Malioboro mengarah ke timur dan kamu akan melewati perempatan. Kamu tinggal lurus saja hingga Stadion Kridosono. 

Sampai disini, ambil jalan memutar ke kiri hingga sampai di belokan kedua. Lanjut ambil kiri lagi sampai perempatan dimana terdapat toko buku Gramedia. Kamu bisa belok kiri, saat ketemu pertigaan lanjut lurus saja. 

Sebelum jembatan Gondolayu belok ke kiri. Sampai disini, kamu tinggal jalan saja terus hingga ketemu Jl. FM. noto, The House of Raminten ada di pojok sebelah kanan jalan.

Sebenarnya The House of Raminten masih memiliki cabang yang lain. Restoran ini juga terdapat di kawasan malioboro, di gedung Mirota Batik lantai atas. 

Satu cabang lagi ada di Jalan Kaliurang dengan nama The Waroeng of Raminten. Kedua restoran cabang tersebut memiliki suasana yang sama dengan restoran utama yang di Jl. FM Noto. 

Sedikit Tips saat Ingin ke The House of Raminten

Mengingat The House of Raminten tidak pernah sepi pengunjung. Maka sebaiknya jangan datang tepat di jam makan siang karena akan sangat ramai. Dan bisa dipastikan kamu harus menunggu di resepsionis dulu karena tempat makannya penuh. 

Belum lagi kamu harus menunggu sedikit lebih lama agar pesanan makanan kamu diantar karena banyaknya pengunjung yang memesan pada saat yang sama.

Jika ingin mencicipi banyak menu tanpa harus mubazir, kamu bisa menanyakan porsi tiap menu pada pramusaji sebelum memesan.

The House of Raminten tidak hanya memanjakan lidah pengunjung dengan kelezatan tiap hidangan yang ditawarkan. 

Pengunjung juga akan dipuaskan dengan keindahan dan keunikan desain interior khas Jawa. Pokoknya makan disini, puas di lidah, mata, serta aman di kantong. Jadi, pastikan untuk mampir ke restoran ini saat berkunjung ke Jogja, Ya!

Related Posts

Leave a comment

Call WA Now