Tebing Breksi, Bekas Galian Tambang yang Instagenic

tebing breksi

Kamu bingung akan berwisata ke mana lagi setiba di Jogja? 

Apakah kamu tahu? Di Jogja terdapat sebuah tebing bekas galian tambang bernama Tebing Breksi yang sangat apik dan estetik. Tebing ini menghadirkan spot foto yang unik, menarik dan pastinya instagramable.

Dengan adanya Tebing Breksi, kamu tak perlu lagi pergi ke Grand Canyon, Amerika atau Bastei Rocks, Jerman. Keindahan yang ditawarkan tempat ini sama apiknya dengan kedua tempat wisata di atas. 

Jika kamu pemburu foto dengan landscape unik dan senang berpetualang, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Sejarah Tebing Breksi

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa bebatuan yang ada di Tebing Breksi ini merupakan hasil endapan erupsi berupa abu vulkanik yang disebabkan oleh Gunung Nglanggeran. 

Gunung Nglanggeran sendiri merupakan gunung api purba yang bertempat di Gunung Kidul yang mampu menghasilkan morfologi bukit setinggi 30 meter.

Keberadaan sebuah batuan apung yang berada di tempat ini, ternyata hampir sama dengan temuan yang berada di daerah Parangtritis sampai Wonogiri. Temuan tersebut memiliki singkapan terbaik yang mempunyai ketebalan 300 sampai 600 meter. Singkapan tersebut berada di Desa Semilir.

Distribusi dari formasi di Semilir yang tebal dan luas ini terletak di atas bantalan berbah. Diduga, formasi ini lahir berkat letusan dahsyat pada 20 tahun silam dan tak kalah dahsyat dibandingkan erupsi super dari Toba volcano. 

Tanda-tanda vulkanisme monogenesis ini kemudian berubah menjadi vulkanisme poligenesis dan terletak di bawah laut. Hasil perubahan ini lalu menghasilkan stratovolcano dengan puncak pada super eruption Gunung Semilir dan menghasilkan Gunung Api Nglanggeran. 

Nah, formasi Nglanggeran ini kemudian menumpang di atas Semilir dan membentuk Tebing Breksi.

Daya Tarik Tebing Breksi

Tempat wisata yang satu ini terletak tidak jauh dari Kota Yogyakarta, tepatnya di kawasan Sambirejo, Prambanan. Tebing Breksi merupakan bekas lokasi tambang yang diubah menjadi tempat wisata estetik yang tak pernah sepi pengunjung, lho. 

Dari Tebing Breksi ini, kita bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta, Candi Prambanan, dan Gunung Merapi. Tempat wisata yang satu ini tampil sangat menawan dengan arsitek seni yang tinggi dan menjadi tempat favorit di Yogyakarta. 

Lokasi wisata yang Instagramable ini juga cocok buat kalian para pemburu foto-foto unik dan kece. Di sana, juga terdapat pahatan-pahatan berbentuk wayang atau naga yang cocok digunakan sebagai tempat foto yang kece. 

Tebing Breksi ini juga menghadirkan kolam alami bekas tambang yang cukup unik. Kolam tersebut memiliki air yang jernih dengan warna kehijauan. Tebing-tebing yang ada di sekitar tempat ini juga menjadi spot yang apik untuk melihat sunrise dan juga sunset pada sore hari.

Oh iya, jika kalian berminat berkunjung ke sana di siang bolong, jangan lupa bawa payung ya, karena mataharinya terik sekali. Namun, saat malam hari, kamu dapat menikmati keindahan tempat ini tanpa harus membawa payung. Tebing Breksi malam hari juga terlihat lebih berkat adanya pantulan cahaya lampu.

Aktivitas Wisata di Tebing Breksi

Ada banyak hal menarik yang dapat kamu lakukan setiba di Tebing Breksi. Selain berswafoto dengan background pemandangan alam yang apik, kamu juga dapat duduk bersantai sambil menikmati pemandangan di sekitar tebing. 

Di sana, kamu juga dapat mengadakan acara gathering bersama keluarga, kawan, atau rekan kantor. Buat kamu yang menyukai aktivitas yang menantang adrenaline, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, di sana juga disediakan spot untuk melakukan panjat tebing. 

Namun, jika kamu takut ketinggian tetapi tetap ingin terus bergerak, kamu dapat mencoba untuk menaiki sepeda gunung. Tebing Breksi juga cocok digunakan untuk melakukan sesi foto prewedding atau bahkan menggelar acara wedding. 

Pada beberapa kesempatan, kamu juga dapat menonton pertunjukan seni yang digelar di area sekitar tebing.

Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi

Buat kamu yang penasaran di mana lokasi Tebing Breksi, datanglah ke Dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Keindahan Tebing Breksi ini dapat dinikmati tidak jauh dari Candi Ijo, candi tertinggi yang ada di Jogjakarta. Jadi, saat kamu tengah berkunjung ke Candi Ijo, kamu dapat mampir ke tempat wisata ini.

Untuk menuju ke sana, terlebih dahulu ikutilah rute ke arah lokasi Candi Prambanan. Sebab, itu merupakan rute termudahnya. Nanti jika sudah sampai di pertigaan Pasar Prambanan, kamu dapat mengambil arah ke arah Piyungan. 

Dari Pasar Prambanan ke arah Tebing Breksi, kamu hanya akan menempuh perjalanan sejauh 3 km saja. Setelah itu, kamu bisa mengikuti arah menuju Candi Ijo sampai menemukan pertigaan sebelum SDN Sambirejo. 

Kemudian, beloklah kiri di pertigaan tak jauh dari SDN Sambirejo dan teruslah melanjutkan perjalanan hingga kurang lebih sejauh 1 km. Saat menempuh jalanan yang pendek ini, kamu harus berhati-hati karena jalanan kurang mulus untuk dilewati. 

Untuk lebih mudahnya, kamu dapat melihat Google Maps saat hendak menuju ke tempat ini.

Fasilitas yang Ada di Tebing Breksi

Destinasi wisata seapik Tebing Breksi ini sayangnya hanya memiliki fasilitas yang terbilang masih sederhana. Di sana, hanya terdapat lokasi off road, area parkir, toilet, dan juga tlatar pertunjukan. Sementara itu, untuk tempat makan dan penginapan pengunjung harus kembali ke area sekitar Candi Prambanan.

Meskipun fasilitas di Tebing Breksi saat ini masih terbilang sederhana, kamu tidak perlu khawatir, Pihak pengelola akan terus melakukan berbagai pengembangan. Tak hanya itu, besar kemungkinan fasilitas yang ada di tempat ini dari waktu ke waktu juga akan bertambah dan semakin menarik.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Untuk berkunjung ke sini, kalian tidak perlu bernegosiasi mengenai harga tiket masuk untuk rombongan. Sebab, untuk berkunjung ke sini, kamu hanya perlu membayar seharga 5 ribu rupiah untuk wisatawan lokal. 

Untuk wisatawan asing dikenakan tarif sebesar 10 ribu rupiah rupiah. Nah, tiket masuk Tebing Breksi dari para pengunjung ini digunakan untuk meningkatkan fasilitas yang ada. 

Sementara itu, untuk biaya parkirnya juga cukup murah, yaitu seharga 2 ribu rupiah untuk kendaraan sepeda motor dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan seperti mobil. Untuk rombongan yang membawa bus, wajib membayar parkir sebesar 10 ribu rupiah.

Tebing breksi ini buka setiap hari mulai dari jam 5 pagi hingga pukul 6 sore. Jadi, kamu dapat menikmati keindahan sunrise dan sunset saat berada di tempat ini. Saat hendak menuju ke sana, sebaiknya jangan berkunjung pada siang hari karena cuacanya sangat terik.

Jadi, buat kamu yang senang berpetualang, cobalah untuk mengunjungi Tebing Breksi. Di sana, kamu akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan dengan background foto yang instagenic.

Rute untuk menuju ke sana juga sangat mudah dan pastinya biaya yang kamu perlukan untuk membayar tiket masuk hanya seikhlasnya. Bagaimana? Apakah kamu berminat untuk menikmati pesona Tebing Breksi Jogja?

Leave a comment

Call WA Now