gumuk pasir

Siapa yang tengah mencari aktivitas untuk liburannya di Jogja? Mungkin kamu tertarik untuk bermain sandboarding yang langka. Kamu bisa menjajalnya di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja yang sudah memfasilitasi wahana main ini.

Kabarnya, sandboarding ini satu-satunya yang ada di Asia Tenggara dan di Indonesia. Karena fenomena munculnya gumuk cukup langka di dunia. Untuk kamu yang ingin menjajal keseruannya, tiket masuknya gratis. Bayar parkir saja.

Kalau sewa sandboarding-nya bayar sekitar Rp70.000,- sampai Rp100.000,-. Kawasan ini juga buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai pukul 18.00 sore, pas banget kalau mau dihabiskan untuk nikmatin sunset.

Keunikan dan Fakta Gumuk Pasir atau Sand Dunes Parangkusumo

Siapa yang tidak kenal dengan keunikan sand dunes ini, semua orang juga tahu. Tapi kalau hanya sekadar unik kayaknya kurang lengkap. Coba perhatikan beberapa fakta ini ya.

  1. Gumuk Pasir Barchan

Buat pengetahuan nih, gumuk pasir adalah salah satu bentang alam di mana proses pembentukannya dipengaruhi oleh faktor alam lain seperti angin. Terbentuknya karena pasir yang diterbangkan angin berjumlah  besar kemudian menumpuk dan menjadi gundukan.

Meskipun namanya sand dunes Parangkusumo, tulisan besar yang akan menyambutmu malah tertulis ‘Gumuk Pasir Barchan’. Barchan di sini merujuk pada tipe gundukan pasir yang terbuat.

Tipe barchan merupakan gundukan pasir yang mencapai lima hingga lima belas meter tingginya. Kaetinggiannya ini sangat cocok untuk olahraga ekstrem sandboarding.

  1. Keberadaannya Istimewa dan Langka

Tadi sudah disinggung sedikit ya tentang gundukan pasir tinggi besar yang langka ini. Tapi apa istimewanya?

Sebenarnya, keberadaan sand dunes ini ada beberapa di Asia Tenggara. Contohnya saja La Paz Sand Dunes, Filiphina atau Mui Ne Sand Dunes di Vietnam.

Bedanya, gundukan pasir seperti ini bisa diklasifikasikan berdasarkan iklim sekitarnya. Untuk gumuk membusut atau hammock dunes dan gumuk parabolik kerap dijumpai di iklim basah.

Sedangkan di iklim kering atau setengah kering akan dijumpai  gumuk barchan. Istimewanya gumuk di Parangkusumo ini adalah ia berada di iklim tropika basah! Ini nih yang menjadikannya langka dan hanya ada satu di Asia Tenggara.

  1. Tempat Pembuatan Video Klip

Selain untuk olahraga ekstrem sandboarding, di sini juga pernah digunakan untuk pembuatan beberapa video klip. Salah duanya Agnezmo dan grup band asal Yogyakarta, Letto.

  1. Satu-satunya Tempat Olahraga Sandboarding di Asia Tenggara

Fakta terakhir yaitu satu-satunya tempat yang pas untuk melakukan sandboarding di Asia Tenggara.

Aktivitas Wisata di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Siapa bilang kalau kamu hanya bisa bermain sandboarding di sini, nyatanya, ada beberapa aktivitas lain yang bisa kamu lakukan. Contohnya saja bermain pasir, ngejeep, dan lain sebagainya.

Daya tarik utamanya memang sandboarding tetapi kegiatan lain tidak kalah menarik.

  1. Bermain Sandbording

Sensasi berlatih menyeimbangkan diri di atas papan luncur berukuran satu meter dari atas pasir dengan ketinggian tertentu bisa memacu adrenalinmu. Apalagi terpaan angin kala melaju, bikin hati deg-degan bagaimana kalau jatuh dan celaka?

Tenang ya, dijamin aman. Selain aman untuk tubuh, perlengkapan sewa sandboarding bukan hanya papan luncurnya saja kok. Tetapi sudah dilengkapi dengan helm dan pelindung untuk siku dan lutut.

Di sini juga ada guide atau pelatih khusus yang akan mengajarimu bermain sandboarding.

Kalau kamu mau menjajal permainan ini, waktu paling pas itu pada sore hari. Suhu pasir sudah menurun dan matahari tidak terlalu terik. Tidak mau kan tubuh bermandikan keringat dan bau matahari?

Ditambah dengan harus bergumul dengan pasir yang panas, siapa mau? Meskipun bakal tetap berkeringat, tetapi memang suasananya paling enak di sore hari.

Ada dua jenis papan luncur pasir atau sandboard yaitu ukuran satu meter untuk wisatawan lokal dan ukuran lebih panjang untuk wisatakan mancanegara. Enaknya lagi, tidak ada durasi penyewaan. Jadi, puas-puasin deh mainnya.

  1. Berkeliling Pantai

Kamu juga bisa sekalian main ke pantai. Pantai yang berdekatan dengan gumuk pasir ada Parangkusumo, Parangtritis, dan Cemara Sewu. Di sini kamu bisa bermain pasir dan kegiatan lainnya, bebas! Asal jangan main air.

Suasana Parangtritis dan Parangkusomo memang ramai, berbeda dengan Cemara Sewu yang sedikit sepi dan menenangkan. Untuk menuju ke sini juga cukup setengah kilometer saja jaraknya.

Deruan ombak yang berkejaran serta angin yang berembus mampu menenangkan suasana hati dan seketika menghilangkan penat.

 

  • Berburu Siluet Sunset

 

Siapa penggila sunset? Bukan hanya pemandangan matahari terbenamnya yang menakjubkan, tetapi suasana romantisnya bikin meleleh. Mau menikmatinya di Parangkusumo, Parangtritis, atau Cemara Sewu sama-sama indah.

Perbedaannya hanya di suasana yang ramai dan sedikit sepi. Jangan lupa abadikan momenmu di sini ya bersama pasangan. Duduk berdua menikmati kelembutan pasir gumuk dengan suguhan sunset juga cocok banget.

  1. Ngejeep Tour

Jangan bilang kalau kamu hanya tahu jeep lava tour di Merapi atau jeep touring di Jurang Jero Magelang. Kamu juga bisa kok menikmati suasana gumuk pasir dengan mengendarai jeep.

Sensasi rasanya mirip dengan berkendara di Dubai. Kamu akan diajak berkeliling gumuk pasir dengan jeep yang menanjak dan menurun. Kesannya sedang berpetualang di gurun deh. Yakin.

  1. Spot Instagramable Incaran Kaum Milenial

Buat kamu yang doyan banget sama foto dan menyebarkannya ke jejaring sosial. Jangan ketinggalan untuk menikmati beberapa spotnya yang menarik. Pertama, ada yang mirip kaki gundukan gumuk yang besar, tinggi, dan curam.

Tahu kaktus kan? Tumbuhan yang sangat identik dengan gurun. Di sini juga menjadi spot kedua kaum milenial berburu foto yang menawan. Kemudian ada ayunan dengan latar gundukan pasir dan awan biru mempesona.

Ketiga area ini masih gratis ya, lain jika ingin berfoto di spot khusus yang berbayar. Tidak mahal sih bayarnya, tapi tetap beda ya antara gratisan dan berbayar.

Spot yang berbayar itu seperti spot khusus untuk ngejeep dan taman bunga matahari yang dibentuk hati. Taman bunga ini tidak kalah instagenic. Masuknya juga murah kok, tidak bikin kantong jebol pastinya.

Fasilitas yang ada di Gumuk Pasir

Jangan khawatir lapar atau tidak tahu harus memarkirkan kendaraan di mana. Sudah tersedia begitu banyak pilihan warung makan, area parkir khusus, dan toilet. Lengkap kok untuk menunjang liburanmu. Dijamin betah seharian di sini.

Tips Wisata ke Gumuk Pasir

Kurang lengkap rasanya kalau tidak ada sedikit tips untuk menyempurnakan informasi wisata kali ini. Langsung saja ya, ini dia tipsnya!

Pertama, jangan lupa bawa bekal. Meski di sini banyak warung tetapi tidak ada salahnya membawa bekal sendiri karena udaranya di siang hari cukup terik. Ada embusan angin alami kok untuk membantu menyegarkan suasana.

Kedua, masih berhubungan dengan tips pertama. Yaitu banyaklah minum air putih biar tidak dehidrasi. Kurangi minum manis atau bersoda yang hanya akan membuatmu cepat haus.

Untuk pakaian, gunakan yang nyaman. Yang mudah menyerap keringat. Bisa juga bawa payung atau topi lebar untuk jaga-jaga jika kepanasan.

Jaga kebersihan area wisata ya. Di mana pun kamu berada, jangan lupa untuk jaga kebersihan biar kamu atau pengunjung lain nyaman. Jangan mengotori lingkungan dengan sampah.

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

Nah, itulah sejumlah informasi mengenai Gumuk Pasir Parangkusumo. kalau penasaran ingin merasakan sensasi permainan sandboard-nya langsung saja ke Kretek, Bantul. Tepatnya di Jalan Pantai Parangkusumo RT 01.

Leave a comment

Call WA Now