Pantai Indrayanti, Hamparan Surga yang Mempesona

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal adalah salah satu pantai yang ada di pesisir Gunungkidul. Pantai ini banyak disebut pantai paling sempurna dan merupakan surga bagi wisatawan.

Pantai Pulang Syawal adalah nama aslinya. Sedangkan Indrayanti didapat dari gabungan nama pasutri pemilik salah satu kafe dan resto di pantai tersebut. Pantai ini dinilai paling mempesona dibanding pantai lainnya.

Pesona Surga Pantai Indrayanti

Kepopuleran pantai ini bukan hanya tersohor di dalam negeri saja tetapi sudah mencapai luar negeri loh. Bahkan semua agen wisata pasti memiliki paket wisata yang meliputi pantai ini salah satu tujuannya.

Sama seperti pantai selatan lain, Indrayanti pun memiliki pesona yang luar biasa. Tapi kalau kamu bertanya, apa kelebihan pantai ini dibanding pantai lainnya. Garis pantainya yang landai menjadi jawaban tepat.

Pasirnya pun dijamin paling bersih di antara pantai di sepanjang pesisir Gunungkidul lain. Terpenting lagi, pantai ini dikelola swasta sehingga dijamin fasilitas penunjangnya sangat lengkap.

Mulai dari toilet, musala, kafe dan restoran, hingga penginapan tersedia di sini dengan  beragam pilihan. Ada juga area khusus bermain anak yang gratis serta menara lifeguard tempat petugas berjaga.

Semua fasilitas yang disediakan tidaklah mahal, malah sangat pas di kantong. Kamu juga bisa kok mendirikan tenda di sekitar pantai pada malam hari, cukup izin saja ke pengelola pantai.

Perlu diperhatikan! Di sini ada sebuah aturan yang harus dan wajib banget kamu patuhi, yaitu tidak boleh membuang sampah sembarangan. Karena pengawasan di pantai ini cukup ketat.

Siapa pun itu, baik pedagang maupun wisatawan yang berani membuang sampah sembarangan akan dikenai sanksi. Tidak mau kan mendapatkannya? Jadi, simpan sampahmu di tempat yang tepat.

Meskipun sanksi dendanya tidak terlalu mencekik leher, tetapi cara ini tergolong efektif untuk menjaga kebersihan pantai dari ulah jahil tangan manusia. Dendanya sekitar Rp10.000,- saja.

Memandang Laut Lepas dari Atas Tebing

Kamu bisa mendaki tebing yang ada di sisi kiri atau barat pantai. Begitu sampai di atas, lanskap yang disajikan sekitar pantai akan terlihat jelas dan begitu menawan mata.

Pemandangan laut biru dan awan cerah yang berpadu sangat mempesona. Belum lagi ditambah dengan anginnya yang semilir membawa kesejukan. Menjadikanmu betah berlama-lama di sini.

Bermain Bersama Ikan di Bebatuan Karang

Kontur yang dimiliki pantai ini berbeda dengan pantai lainnya. Landai. Kontur tanah ini memungkinkan kamu untuk leluasa bermain di area pantai sepuasnya. Selain itu juga ada batu-batu karang yang menambah kecantikannya.

Di dalam batu karangnya ada ikan-ikan kecil yang berenang dan bisa kamu ajak bermain loh. Main petak umpet. Adanya ikan ini membuat pengunjung merasa tertantang untuk menangkapnya dengan tangan kosong.

Menikmati Waktu di Pantai dengan Bersantai

Kamu juga bisa bersantai menikmati waktu di tepi pantainya dengan menyewa payung dan tikar di sekitarnya. Ada juga gazebo jika tidak ingin kelilipan saat tiduran di tikar karena pasir lembutnya terbawa angin.

Harga sewa payung dan tikar tidaklah mahal, hanya Rp20.000,-. Sedangkan harga sewa gazebo sekitar Rp30.000,-. 

Jika ingin menjelajahi area pantai juga bisa kok. Ada beberapa spot instagenic yang bisa kamu abadikan dan bagikan ke jejaring sosialmu.

Menikmati Suasana Malam di Indrayanti

Salah satu fasilitas andalan di sini adalah penginapannya. Karena kebanyakan pengunjungnya memang berasal dari luar kota Jogja sih. Tapi tenang, harga sewanya bervariasi kok, dari seratus ribu sampai dua juta per malam.

Dengan penginapan yang bisa disesuaikan dengan bujet makin memuluskan rencanamu untuk menikmati suasana malam Indrayanti yang tak kalah eksotis. Namun, booking duluan ya karena kalau langsung datang susah sekali mendapat harga terjangkau alias selalu full booked.

Suasana ini bakal sangat terasa saat musim liburan. Satu-satunya alternatif ya berkemah di area pantai. Tapi kamu juga harus mencari persiapan dadakan jika tidak direncakan dengan matang.

Seru dan Asyiknya Bermain Jetski Pantai

Jangan bilang kalau selama berlibur di Jogja liburanmu monoton. Di tempat ini, kamu bisa menemukan fasilitas wisata layaknya di Bali atau Lombok. 

Contohnya saja jetski air yang seru dan mengasyikkan. Bisa dibilang, Indrayanti adalah Pantai Kuta ala Yogyakarta.

Untuk menyewa jetski, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp250.000,- dengan durasi pakai lima belas menit. Kok cepet ya? 

Ah, tidak kok, cukup untuk bermain air dengan jetski.

Rute dan Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai Pulang Sawal terletak di kecamatan Tepus, Gunungkidul. Tepatnya di desa Sidoharjo, dusun Ngasem. Paling mudah rutenya dari Wonosari yang langsung saja ikuti papan penunjuk arah ke pantai.

Rute Womosari dipilih untuk kamu yang datang dari luar kota dan tidak begitu mengenal area Jogja. Daripada nyasar, mending ikutin saja arahan mudahnya.

Jangan lupa untuk menyiapkan uang retribusi masuk. Tiket masuknya murah meriah kok. Hanya sepuluh ribu per orang dengan tarif parkir dua ribu untuk motor dan lima ribu untuk mobil.

Harganya termasuk murah jika dibandingkan dengan tarif wisata yang ada di Jawa Barat, iya kan? Oh iya, harga tiket masuk ini sudah termasuk dengan tiket masuk ke serangkaian pantai di sekitarnya loh.

Dengan sepuluh ribu, kamu sudah bisa memasuki Pantai Drini, Sepanjang, Sundak, Krakal, dan Poktunggal.

Indrayanti tidak memiliki jam buka dan tutup, jadi kamu bebas saja datang kapan saja. Lokasinya juga berdekatan dengan destinasi pantai di Gunungkidul lainnya. Jadi sangat mudah jika kamu ingin berkeliling ke pantai lainnya.

Pantai yang segaris dengan Indrayanti adalah Pantai Pok Tunggal, Sundak, dan Krakal. Jaraknya dari Kota Jogja sekitar 66 km alias dua jam perjalanan. Tenang, perjalanannya nyaman kok karena jalannya sudah diaspal mulus.

Medan menuju Pantai Indrayanti memang berkelok-kelok, menanjak, menurun, dan curam. Tapi pemandangan hijaunya sekitar selama perjalanan bisa menjadi penghibur loh. Dijamin, perjalananmu tidak akan bosan deh.

Siapkan stamina ya jika ingin kemari. Jangan sampai kelelahan duluan sebelum menikmati keindahan dan keeksotisan pantai.

Tips Berkunjung ke Pantai Indrayanti

Jika kamu sudah yakin ingin mengunjungi pantai ini. Lebih baik kunjungilah pada saat hari biasa. Karena pada akhir pekan pengunjung akan membeludak. Satu lagi, kalau kamu lagi main air berhati-hati dan waspada ya.

Karena pada saat-saat tertentu muncul ubur-ubur. Binatang yang mirip balon dan memiliki tubuh transparan. Kalau ketemu hewan seperti ini pada saat bermain air, sebaiknya hindari ya daripada tersengat.

Seperti biasa, jika berwisata ke pantai selalu hati-hatilah pada saat bermain air. Tak lupa selalu patuhi aturan dari pihak pengelola. Semua pantai selatan langsung berbatasan dengan samudera Hindia sehingga arusnya lumayan kuat.

Jadi, jangan remehkan meski arus yang nampak di mata terlihat tenang. Selalu utamakan keselamatanmu saat berwisata ke jajaran pantai selatan, termasuk Pantai Indrayanti. Keselamatan nomor satu ya!

Leave a comment

Call WA Now