Menikmati Pesona Pantai Wediombo yang Masih Perawan


Gunung kidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan objek wisata pantainya. Di sini, kamu dapat menemukan banyak pantai dengan pesona alamnya yang menakjubkan. Salah satunya adalah
Pantai Wediombo yang terkenal dengan kolam air tersembunyi yang sangat memukau.

Selain terkenal dengan kolam tersembunyinya, Pantai Wediombo juga terkenal di kalangan pemancing karena di sini juga terdapat sebuah lokasi memancing ideal dengan banyaknya jenis ikan laut. Mau tahu lebih banyak tentang Pantai Wediombo? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Mengenal Lebih Jauh Pantai Wediombo

Wediombo merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang terkenal akan pesona alamnya yang sangat indah ini bertetangga dengan pantai Siung. 

Dari pusat kota Yogyakarta, kamu dapat menempuh perjalanan ke wisata pantai ini dengan jarak kurang lebih 80 Km.

Sebenarnya, Pantai Wediombo meliputi sebuah teluk dengan pegunungan batu karang yang mengelilinginya. Di pantai ini, kamu dapat menemukan pasir pantai berwarna putih yang sangat cocok dengan keindahan alamnya.

Dari namanya, pantai Wediombo terdiri dari dua kosa kata, yakni wedi dalam bahasa Jawa yang artinya pasir dan Ombo yang berarti luas. Penamaan Wediombo pada pantai ini bukan tanpa alasan, karena faktanya pantai ini memiliki wilayah yang lebih luas dibandingkan dengan pantai-pantai yang masih berdekatan dengannya.

Ketika kamu menginjakkan kaki pertama kali di Pantai Wediombo, kamu akan disambut dengan kejernihan air lautnya yang terpantul warna langit hingga menghasilkan warna biru yang memukau. 

Di tepian pantai ini kamu juga dapat menemukan batu karang yang bertebaran. Kumpulan batu karang ini menambah pesonanya semakin indah dan menggoda dibandingkan beberapa pantai lainnya.

Fakta-fakta menarik dari Pantai Wediombo

Ada banyak fakta menarik dari Pantai Wediombo ini. Fakta-fakta tersebut di antaranya yaitu:

  • Memiliki kolam air tersembunyi

Pantai di Jogja dengan ombak yang cukup tinggi memang membuat siapa pun yang ingin bermain dengan air akan mengurungkan niatnya. Namun, di Pantai Wediombo ini, kamu tak perlu khawatir. Pantai Wediombo memiliki sebuah kolam alami yang terletak di pinggir pantai, tetapi lokasinya tersembunyi.

Dikatakan tersembunyi karena kolam ini dikelilingi oleh batu karang yang menahan ombak dari pantai. Selain membuat arus di kolam menjadi lebih tenang, air yang lolos dari batu karang seolah seperti air terjun dengan airnya yang jatuh ke kolam. 

Kolam tersembunyi ini memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter serta airnya sangat jernih dan indah.

  • Pantai Wediombo menjadi spot mancing favorit

Kamu sedang berada di pantai namun memiliki hobi memancing? 

Tak perlu risau untuk meninggalkan hobi. Di sini, kamu tetap bisa melakukan aktivitas memancing sambil menikmati keindahan pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul ini. 

Bukit karang yang berada di area pantai dengan pasir pantai berwarna putih ini menjadi spot memancing paling disukai. 

Di area ini memang menjadi tempat untuk menjajal berbagai jenis ikan untuk dipancing. Mulai dari ikan kerapu, cucut, tenggiri, bahkan ada pemancing yang mendapatkan ikan batu yang memiliki massa beberapa kilogram.

  • Pantai Perawan Yogyakarta

Destinasi wisata yang terdapat di Gunung Kidul, pantai Wediombo bisa dikatakan sebagai salah satu pantai yang masih perawan atau baru di Yogyakarta. Hal ini karena letaknya yang cukup jauh dari pusat kota membuat pantai ini belum banyak terjamah oleh pengunjung dari luar daerah. 

Jika kamu ingin berlibur ke tempat yang jauh dari keramaian kota, Pantai Wediombo merupakan salah satu pilihan yang wajib kamu kunjungi. Jangan khawatir dengan aksesnya. Sejak beberapa waktu lalu, pembangunan jalan mulai digencarkan untuk mempermudah pengunjung wisata menikmati keindahan pantai ini.

Rute Menuju Pantai Wediombo

Setelah mengetahui beberapa fakta menarik seputar Pantai Gunung Kidul ini, apakah kamu tertarik untuk mencoba eksplor pantai ini? 

Berikut ini adalah beberapa pilihan rute menuju Pantai Wediombo dari berbagai lokasi.

  • Melalui jalur utama

Dari pusat kota Yogyakarta, kamu bisa mengambil jalan ke Wonosari. Selanjutnya, ke Desa Mulo lalu ambil arah kiri. Setelah sampai di Jepitu, silakan kamu mengambil arah kanan jalan dan ikuti rambu lalu lintas yang mengarahkan kamu ke Pantai Wediombo.

  • Jalur alternatif 1

Saat kamu tiba di Wonosari-Mulo, kamu dapat memilih beberapa jalur alternatif. Salah satunya adalah melewati jalan arah Pantai Baron. Setelah sampai di pertigaan, kamu dapat ambil arah Pantai Kukup, dilanjutkan ke Tepus dan Jepitu. Setelah itu, ambil arah kanan dan ikuti rambu penunjuk jalan ke Pantai Wediombo.

  • Jalur Timur

Jika kamu berasal dari arah Praci atau Wonogiri, kamu dapat mengambil jalan arah Nglindur, Pasar Ngrancah. Dari sana, ambil arah kanan menuju Jepitu. Kemudian, ambil arah kiri dan ikuti terus rambu penunjuk arah ke Pantai Wediombo.

  • Melalui Rute Tengah

Kamu dapat mengambil jalan di daerah Semanu, lanjut ke Giri Panggang, dan Cuelo. Ketika sudah sampai di pertigaan lapangan, kamu dapat mengambil arah kanan ke Pasar Jepitu. Setelah itu, ambil lagi arah kanan dan terakhir ikuti petunjuk arah ke Pantai Wediombo.

Beberapa rute yang disebutkan di atas dapat kamu pilih ketika kamu sedang berada dekat di jalan-jalan yang sudah disebutkan. Kamu juga dapat meminta bantuan Google Maps yang ada di ponsel pintar jika masih kebingungan.

Apa saja fasilitas yang ada?

Apa saja fasilitas yang ditawarkan Pantai Wediombo in? 

Ada banyak fasilitas yang dapat kamu temukan di Pantai Wediombo. Fasilitas tersebut di antaranya adalah:

Berenang

Sepertinya sudah menjadi alasan utama banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai Wediombo untuk berenang. Seperti yang telah disebutkan, pantai ini memiliki kolam alami dengan air yang jernih dan tenang. 

Selain itu, tingginya yang hanya 1,5 meter juga membuat kolam ini semakin ideal untuk dijadikan tempat berenang.

  • Spot hunting sunset dan sunrise

Hamparan batu karang yang memukau dan menakjubkan membuat pantai ini semakin indah dan estetik untuk diburu oleh fotografer. 

Pantainya yang menghadap ke barat ini membuatnya semakin cocok untuk dijadikan tempat hunting foto instagram kekinian. Tak hanya itu, pemandangan sunset dan sunrise di Pantai Wediombo ini pun sangat memukau.

  • Spot camping strategis

Pantai Wediombo sangat juga cocok dipilih untuk kamu yang berencana camping di pantai, apalagi di pantai yang memiliki pemandangan matahari terbit maupun tenggelam yang indah.  Pantai ini memiliki lahan pasir yang cukup luas sehingga cocok untuk melakukan kegiatan camping.

Salah satu pantai yang terletak di gunung kidul ini juga memiliki berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, tempat ibadah, dan area parkir luas. 

Di sekitaran pantai juga terdapat berbagai warung yang menyediakan berbagai pilihan kuliner. Tentu saja fasilitas-fasilitas tersebut diharapkan dapat membuat pengunjung semakin merasa nyaman.

Nah, sampai disini dulu pembahasan seputar Pantai Wediombo. Mulai dari pengenalan, rute perjalanan, hingga fasilitas dan kelengkapan yang semakin membuat kamu betah untuk berlama-lama di pantai ini. Sekian dan selamat

Leave a comment

Call WA Now